Selasa, 05 September 2017

Update Modifikasi Motor Bebek Touring

Update Modifikasi Motor Bebek Touring

Modifikasi motor bebek touring keren berikut ini begitu menarik untuk ditiru. Di mana lagi bisa nyontek modifikasi motor touring keren seperti ini kalau bukan di firmansyahtirtawidjaja.net. Dan memangnya seperti apa sih hasil modifikasi motor bebek touring keren tersebut? Kuy, mari simak ulasan selengkapnya dalam beberapa paragraf berikut yang kemudian dilengkapi dengan foto modifikasi touring dari sepeda motor kelas bebek.


Modifikasi Motor Bebek Touring

Di halaman ini Kamu akan melihat :
  1. Ulasan Modifikasi Motor Bebek Jadi Motor Touring
  2. Foto Modifikasi Motor Bebek Jadi Motor Touring
  3. Jenis Motor Yang Paling Cocok Untuk Keperluan Touring
  4. Motor Bebek Yang Cocok Untuk Kebutuhan Touring
  5. Aksesories untuk Touring

Ulasan Modifikasi Motor Bebek Jadi Motor Touring

Di Indonesia, sepeda motor kelas bebek masih mendominasi dan berkuasa di jalan raya. Berkuasa dalam artian jumlah ya, kalau soal berkuasa beneran, yang paling berkuasa adalah mobil tronton, hehe.

Dominasi sepeda motor kelas bebek saat ini memang mulai menurun seiring dengan meningkatnya penjualan sepeda motor kelas matic yang semakin hari semakin diminati karena kemudahan penggunaannya.

Motor bebek yang masih mengharuskan rider atau pengemudinya untuk tarik ulur gas sampai oper kopling secara manual saat ini mulai kurang diminati oleh sebagian orang.

Tuntutan dari jalanan yang macet dan padat merayap ditambah iklim Indonesia yang membuat kondisi siang hari panas banget di banyak daerah, membuat pilihan dan pandangan orang bergeser ke sepeda motor kelas matic.

Meski demikian, sepeda motor bebek memiliki keunggulan yang lebih dibanding kelas matic karena sistem transmisi manualnya yang menggunakan rangkaian gearbox, bukan belt atau sabuk seperti yang dimiliki oleh sepeda motor kelas matic.

Sistem transmisi motor bebek yang berupa rangkaian gearbox membuat motor ini lebih handal jika digunakan untuk perjalanan jauh. Material gearbox yang terbuat dari logam menjadi jaminan kalau motor bebek lebih handal dibanding sepeda motor matik.

Dengan kehandalannya tersebut, maka jangan heran kalau sepeda motor ini banyak dipakai untuk mudik jarak jauh seperti Jakarta - Jogja, Jakarta - Solo, ataupun Jakarta - Kebumen pada musim libur lebaran Idul Fitri.

Dan jangan heran pula kalau banyak komunitas - komunitas sepeda motor kelas bebek yang rajin melakukan touring ke berbagai daerah di waktu - waktu tertentu. Kehandalan yang lebih baik dibanding motor kelas matik adalah kuncinya.

Kali ini, masih dalam ranah pembahasan tentang modifikasi, arena-motor.net akan membahas modifikasi motor bebek untuk keperluan touring.

Giatnya teman - teman di komunitas sepeda motor kelas bebek, seperti komunitas pecinta Supra X 125-komunitas Jupiter MX dan lain - lain, dalam melakukan touring, membuat beberapa anggota komunitas membuat modifikasi touring dari sepeda motor kesayangan mereka.

Dan seperti apakah hasil modifikasi motor bebek untuk kebutuhan touring yang pernah dilakukan oleh rider - rider pegiat modifikasi ini? Kuy kita simak foto - foto modifikasi sepeda motor bebek touring berikut :

Foto Modifikasi Motor Bebek Jadi Motor Touring


Modifikasi Motor Bebek Touring

Modifikasi Motor Bebek

Modifikasi Motor Bebek

Modifikasi Motor Bebek

Modifikasi Motor Bebek

Modifikasi Motor Bebek

Modifikasi Motor Bebek Touring

Motor bebek yang cocok buat untuk touring

Modifikasi Motor Bebek Touring

Modifikasi Motor Bebek Touring

Motor bebek yang cocok buat untuk touring

Motor bebek yang cocok buat untuk touring

Modifikasi Motor Bebek Touring

Jenis Motor Yang Paling Cocok Untuk Keperluan Touring

Seperti apakah jenis motor yang cocok untuk keperluan touring? Sepeda motor yang cocok untuk touring yang paling bagus adalah sepeda motor yang mempunyai bobot yang berat, mesin dengan cc besar dan juga tangki bensin yang besar juga.

Kalau melihat penjelasan di atas, maka model sepeda motor yang cocok untuk touring--terutama untuk touring jarak jauh--adalah sepeda motor kelas sporty atau sepeda motor sport.

Motor sport rata - rata memiliki kapasitas mesin yang besar dan juga bodi yang besar. Motor dengan spesifikasi seperti ini (mesin besar dan bodi yang besar = bobot yang berat) memiliki kestabilan yang baik saat dibawa melaju di kecepatan tinggi.

Bobot yang berat membuat motor tidak mudah goyang ketika melewati jalan bergelombang. Hal sebaliknya bakal sering dirasakan ketika menggunakan motor bebek, terutama motor bebek dengan cc kecil, seperti sepeda motor harian yang saya gunakan untuk kuliah, Yamaha Vega ZR.

Motor ini paling jauh pernah saya bawa touring dari Gombong, Kabupaten Kebumen, ke Kabupaten Garut, Kecamatan Cisurupan. Jadi saya tahu betul seperti apa rasanya touring menggunakan motor bebek atau motor dengan cc kecil.

Nah, kalau membahas tentang motor yang cocok dibawa touring, tentu saja motor dengan bobot yang berat adalah yang paling cocok untuk keperluan tersebut.

Semakin berat bobot motor, semakin nyaman untuk dibawa touring. Ngomongin soal bobot dari motor, tahu kan kalau penyumbang terbesar bobot sepeda motor itu adalah mesinnya? Nah, jadi dengan bobot yang berat, artinya mesinnya pasti besar.

Mesin yang besar berarti konsumsi bahan bakar juga lebih banyak karena volume silindernya besar (jadi perlu bahan bakar dengan volume yang lebih banyak juga).

Dengan kebutuhan bahan bakar yang banyak, berarti motor harus memiliki tangki yang lebih besar juga supaya tidak terlalu sering keluar masuk pom bensin.

Inilah spesifikasi ideal sebuah motor touring keluaran standar pabrikan.

Motor Bebek Yang Cocok Untuk Kebutuhan Touring

Di bagian ke tiga kita sudah membahas tentang sepeda motor yang cocok untuk touring. Bahasan tersebut merujuk pada sepeda motor standar keluaran pabrik yang belum dimodifikasi sedikit pun ya.

Nah, untuk motor kelas bebek, berarti motor yang cocok untuk touring adalah sepeda motor bebek yang :

  1. CC mesinnya besar
  2. Bobotnya berat
  3. Kapasitas tangki bahan bakarnya besar

Dengan merujuk spesifikasi di atas, maka Kamu akan tahu seperti apa sepeda motor bebek yang cocok buat touring. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendekati perolehan spesifikasi seperti yang tertera pada poin - poin tersebut.

Salah satu cara untuk menambah berat motor adalah dengan mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar. Ban yang lebih besar ini juga membantu supaya motor menjadi lebih stabil saat dikendarai pada kecepatan touring (di atas 60 kilometer per jam).

Jika harus menyebutkan satu seri sepeda motor kelas bebek yang cocok untuk touring, arena-motor.net memilih Jupiter MX, karena MX setidaknya memiliki bobot yang berat (karena mesinnya yang besar) dibandingkan dengan sepeda motor kelas bebek rata - rata.

Itulah pembahasan lengkap dari firmansyahtirtawidjaja.net terkait modifikasi motor bebek touring. Semoga tulisan ini membantumu dalam membuat sepeda motor touring versimu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar