Selasa, 05 September 2017

Kiat-Kiat Modifikasi Motor RX King Agar Tarikannya Lebih Cepat

Kiat-Kiat Modifikasi Motor RX King Agar Tarikannya Lebih Cepat

Cara Modifikasi Motor RX King yang dibahas di sini adalah cara paling tepat untuk mendongkrak akselerasi dari Yamaha RX King yang bisa diaplikasikan oleh pengguna Yamaha RX King siapa pun itu.

Penasaran seperti apa cara memodifikasinya? Kuy simak penjelasannya berikut ini.

Cara Modifikasi Motor RX King agar lebih cepat dengan overbore

Cara Modifikasi Motor RX King

Jika sebelumnya sudah membahas tentang modifikasi motor Yamaha RX King di tulisan sebelumnya yang berjudul "Modifikasi RX King Dengan Konsep Standard", kali ini Kami akan membahas modifikasi dari Yamaha RX King di bagian dapur pacu.

Bukan RX King namanya kalau tidak memiliki akselerasi yang cepat. Akselerasi motor ini secara bawaan memang sudah cepat, dari pabriknya memang sudah disetel punya akselerasi yang garang.

Level akselerasi yang baik inilah yang membuat Yamaha RX King sering dijadikan tunggangan untuk balapan motor. Mulai dari balapan resmi sampai balapan liar di malam hari, motor ini biasanya tak pernah absen muncul di balapan tersebut.

Selain itu, kemampuan akselerasi ini pula yang membuat RX King begitu mudah untuk distanding - standing kan. Meskipun secara alami atau secara bawaan pabrik mesin motor ini sudah didesain memiliki karakter kencang seperti yang dideskripsikan tadi, bukan berarti level akselerasi motor ini tidak bisa ditingkatkan.

Di halaman ini akan memaparkan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat akselerasi dari RX King ini meningkat.

MARKIBAS. Mari Kita Bahas.

Hal - hal berikut ini merupakan beberapa hal yang secara langsung maupun tidak langsung bisa mempengaruhi akselerasi mesin.

Modifikasi Motor RX King Agar Tarikannya Lebih Cepat

1. Ukuran Ban

Ukuran ban bisa mempengaruhi akselerasi loh Bro. Dan untungnya secara teori, hal ini bisa dijelaskan. Transmisi atau perpindahan tenaga yang diproduksi oleh mesin ditransfer melalui rantai.

Rantai ini menghubungkan dua buah roda gigi di mesin dan ban. Kalau ban belakang besar, maka berarti beban yang lebih besar. Tahu kan kalau kita mengangkat beban yang lebih besar, kita butuh tenaga yang lebih besar.

Begitu pula dengan mesin, ukuran ban yang merupakan beban bagi mesin memiliki pengaruh terhadap performa mesin. Semaki besar ban = semakin berat beban.

Nah, ini lah yang mungkin menjadi alasan kenapa motor balapan drag race pasti menggunakan ban dengan ukuran yang kecil.

baca juga :
  • Modifikasi Yamaha RX King Batik Ala Batak
  • Kumpulan Foto Modifikasi RX King Hitam
  • Modifikasi Yamaha RX King Terbaru 2017
  • Contoh Modifikasi RX King Konsep Sederhana

Ukuran ban ini selain meringankan beban yang ditanggung langsung oleh mesin, juga berpengaruh pada stabilitas motor.

Kecilnya luasan ban yang kontak dengan jalan membuat gaya tekan keseluruhan motor terhadap jalan menjadi lebih besar, sehingga motor menjadi lebih stabil termasuk saat dibawa ngebut. Atau dengan kata lain, dengan luasan kontak ban yang kecil, maka cengkraman ban ke jalan menjadi lebih baik.

Cara modifikasi motor RX King yang satu ini merupakan cara yang tegolong cukup terjangkau untuk sebuah modifikasi yang tujuannya untuk meningkatkan akselerasi dari mesin. Cobalah, it works!

2. Lakukan Overbore

Kompresi di ruang bakar merupakan faktor paling berpengaruh terkait dengan performa mesin. Mesin apapun itu. Sebagai pecinta RX King, arena-motor.net yakin sebagian dari Kamu pasti pernah mendengar yang namanya stroke dan bore.

Istilah tersebut lebih sering didengar sebagai overstroke dan overbore. Keduanya merupakan bagian dari modifikasi mesin namun memiliki tujuan yang berbeda.

Nah, yang harus Kamu lakukan untuk menaikan akselerasi adalah melakukan overbore. Overbore atau memperlebar bore (luas lubang silinder) bisa dilakukan dengan cara membubut silinder dengan mesin bubut yang gerak putarnya dilakukan oleh alat potong.

Namun, arena-motor.net tidak menyarankan untuk melakukan modifikasi ini sendiri, karena salah - salah, rasio kompresi yang dihasilkan malah bisa menimbulkan detonasi atau knocking berlebihan. Sebelum melakukan overbore, saran kami berkonsultasilah dahulu dengan seseorang yang mengerti dengan masalah ini.

Cara modifikasi motor RX King yang ini tentu lebih mahal dan lebih berisiko dibanding cara pertama, tetapi kalau berhasil, efeknya tentu saja bakal lebih besar terhadap performa mesin. Itulah cara yang bisa Kamu lakukan untuk membuat motor Yamaha RX King milikmu menjadi lebih cepat.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar