Rabu, 30 November 2016

Modifikasi Motor Grand 97 yang Keren Untuk Dicontek!

Galeri modifikasi motor Grand ini bisa Kamu andalkan untuk mendapatkan inspirasi sebelum me-modifikasi Honda Astrea Grand milikmu.

Arena-motor.net percaya bahwa motor tua jika berada di tangan orang kreatif  akan berubah menjadi sesuatu yang hebat.

Modifikasi Motor Astrea Grand

Modifikasi Motor Grand (Astrea Grand) 97


Arena-motor.net | kali ini akan membahas tentang modifikasi dari Honda Astrea Grand 97, khususnya modifikasi yang menurut arena-motor.net keren untuk ditiru.

Sebelum membahas tentang modifikasinya alangkah baiknya kita berkenalan lebih dulu dengan sepeda motor yang satu ini.

Honda Astrea Grand merupakan salah satu seri sepeda motor Honda yang dipasarkan di Indonesia. Honda Astrea Grand ternyata saat itu sudah dibekali dengan mesin 4 tak.

Mesin Astrea Grand ini memiliki rasio kompresi 9 : 1, kalau sudah ada pertamax saat itu, Astrea Grand tentu saja seharusnya menggunakan pertamax untuk meminimalisir knocking.

Saat itu, tentu saja belum banyak sepeda motor yang dibuat dengan mesin 4 tak, bahkan sebagian besar sepeda motor yang ada masih menggunakan mesin 2 tak.

Dengan mesin yang dimilikinya, Astrea Grand mampu melaju dengan kecepatan puncak (top speed) sampai 100 kilometer per jam. Tentu saja kecepatan tersebut bisa dicapai apabila kondisi mesin masih baik.

Motor ini dikenal sebagai sepeda motor irit atau hemat bahan bakar. Fenomena iritnya konsumsi bahan bakar Astrea Grand menjadi topik yang selalu muncul saat membahas tentang sepeda motor di masa kejayaan motor ini.

Dalam urusan konsumsi bahan bakar, Astrea Grand bisa mengoptimalkan bahan bakar 1 liter untuk berjalan sejauh 60 hingga 70 kilometer.

1 liter = 60 - 70 kilometer itu edan. Hemat banget. Tentu saja perolehan tersebut bisa didapatkan jika kecepatan rata - rata motor berada di kisaran 40 - 50 kilometer per jam.

Saat ini, Astrea Grand sudah tergolong sesepuh sepeda motor yang ada di Indonesia. Motor ini sudah sangat pantas disebut motor jadul alias jaman dulu.

Namun, jangan lupa bahwa kreatifitas itu bisa membuat yang jelek jadi tampan, yang pelan jadi kenceng, bahkan mengubah yang jadul menjadi keren.

Di bawah ini ada beberapa contoh motor Honda Astrea Grand 97 yang menjadi luar biasa karena berada di tangan yang tepat.

Foto - foto di bawah ini adalah foto modifikasi motor Grand 97 yang kami pilih berdasarkan tingkat keseriusan modifikasi yang dilakukan.

Khususnya pada bentuk atau tampilan motor, keamanan dan kenyamanan yang akan berpengaruh pada aktivitas berkendara.

Foto Modifikasi Motor Astrea Grand 97


Ada 5 motor Honda Astrea Grand keren yang berhasil arena-motor.net kumpulkan. Mari kita mulai dari yang pertama.

Modifikasi Super Klasik Astrea Grand 97

Modifikasi Motor Astrea Grand

Banyak perubahan yang dilakukan untuk mendapatkan bentuk di seperti ini. Modifikasi ini memerlukan cukup banyak penambahan part baru.

Walaupun terdengar boros, namun hebatnya, komponen asli motor ini masih tetap ada. Fairing dan bagian bodi dibiarkan mengguanakan material bawaan.

Konsep modifikasi ini mengarah ke konsep retro. Hal ini diperjelas dengan serasinya perpaduan warna pada Honda Astrea Grand ini.

Motor jadul hasil modifikasi ini didesain khusus untuk dinaiki satu orang saja. Yah, sayang juga ya kalau punya motor keren seperti ini tetapi tidak bisa untuk membonceng gebetan.

Modifikasi Motor Astrea Grand

Di depan, seperti yang telah Kamu dengar bahwa motor jadul itu jika berada di tangan yang tepat akan menjadi keren. Seperti itulah nasib Astrea Grand di atas.

Ban depan dari motor ini dibiarkan normal (ukuran dan jenis velg), dan ada perubahan velg dan ban di bagian belakang.

Pemilihan ukuran ban depan menurut saya sudah tepat, karena untuk motor dengan kecepatan optimal rata - rata di kisaran 50 kilometer per jam, ban depan dengan ukuran kecil adalan pilihan yang smart karena membuat handling atau kmudi menjadi lebih mudah.

Setelah puas dengan konsep modern retro di atas, selanjutnya kita akan membahas tentang modifikasi Astrea Grand 97 di bawah ini.

Modifikasi Motor Gede "Mini" Astrea Grand 97

Modifikasi Motor Astrea Grand

Cukup berani untuk bermain - main dengan warna biru, modifikator dari motor ini memanfaatkan kekuatan perpaduan warna antara kuning dan biru di motornya.

Warna biru di bagian bodi motor ini terlihat cukup dominan, namun hal tersebut diimbangi dengan adanya warna putih di fairing serta warna kuning di velg.

Berbeda dengan modifikasi motor Astrea Grand 97 yang sebelumnya, bagian roda dan velg dari Astrea Grand yang kedua ini memiliki ukuran sama antara bagian depan dan bagian belakang.

Namun, konsekuensi dari ban depan berukuran besar adalah beratnya handling atau kemudi saat motor dibawa berbelok. Konsekuensi ini akan terasa jika motor digunakan pada kecepatan rendah.

Modifikasi Motor Astrea Grand

Jangan lupa bahwa motor gede atau moge, yang biasanya menggunakan ban depan berukuran besar, waktu berbelok motornya harus dimiringkan. Model berbelok moge ini juga dibantu dengan kecepatannya yang tinggi.

Cara berbelok motor bebek dan moge berbeda. Motor bebek itu, karena cukup sering dipakai di kecepatan rendah, maka sudut belokan stangnya sangat lebar.

Jadi, jika ingin meniru modifikasi seperti ini, pikirkan lagi bagian ban depan, apakah akan mengikuti contoh di atas atau akan menggunakan ban dengan ukuran normal yang bisa memudahkan berbelok.

Modifikasi "Cungkring" Astrea Grand 97

Modifikasi Motor Astrea Grand 97

Astrea Grand 97 di atas didesain dengan biaya yang sepertinya paling murah di antara contoh 1 (di atas), 2 (di atas) dan 3 (yang ini).

Modifikasi ini terlihat sangat simple, tapi menarik. 

Bentuk ini didapat dengan melepas semua komponen bodi (khususnya bagian yang berbahan plastik) dari motor. 

Jika dua contoh modifikasi motor Astrea Grand 97 sebelumnya masih membiarkan fairing bawaan untuk bentuk modifikasi akhir, hal berbeda justru dilakukan pada motor ini.

Seperti yang Kami sebutkan sebelumnya, yaitu bagian bodi yang terbuat dari plastik di lepas. Dengan demikian, maka motor ini terlihat seperti motor cungkring. Cungkring = kurus atau tak berisi.

Bentuk ini memang tidak termasuk modifikasi sederhana, karena bentuk asli dari Astrea Grand - nya sudah tidak terlihat,  tetapi biaya modifikasinya bisa jadi tidak jauh berbeda dengan biaya modifikasi simple (sederhana).

Untuk mendapatkan bentuk seperti ini diperlukan ban dan velg depan belakang yang berukuran besar, lalu jok motor kecil, lampu depan, lampu sein, serta jasa cat.

Modifikasi Motor Lowrider Astrea Grand 97

Modifikasi Motor Astrea Grand 97

Melihat foto motor ini, saya jadi geregetan, kepingin juga punya satu yang seperti ini, namun belum kesampean.

Sebutan yang cucuk untuk gaya modifikasi ini menurut arena-motor.net adalah gaya Lowrider. Lowrider yang kental dengan kesan ceper dan panjang memang tidak terlalu nampak pada motor ini.

Tetapi, tentu saja secara keseluruhan, akan sah - sah saja apabila kami menyebut model ini adalah model lowrider.

Velg jari - jari yang ada di roda belakang benar - benar membuat iri, kepingin rasanya punya satu sepeda motor dengan velg jari - jari yang seperti ini.

Modifikasi Motor Drag Astrea Grand

Modifikasi Motor Astrea Grand 97

Modifikasi Motor Astrea Grand

Model rangka seperti di atas sebenernya cocok juga untuk keperluan balapan, seperti balap drag race, hingga balapan road race.

Untuk motor balap, memang, yang namanya modifikasi pasti wajib dilakukan di bagian engine, tapi bukan berarti bodinya tidak boleh keren ya bro.

Modifikasi motor grand versi drag yang berwarna putih dan kuning di atas menunjukkan bahwa selain modifikasi di bagian mesin (over stroke/over bore), modifikasi di bagian bodi juga merupakan hal yang keren untuk dilakukan.

Modifikasi Motor Astrea Grand


Modifikasi Motor Astrea Grand

Modifikasi Motor Astrea Grand

Modifikasi Motor Astrea Grand

Modifikasi Motor Astrea Grand

Modifikasi Simple Motor Grand 97

Nah, jika Kamu lebih suka yang sederhana dan perubahan yang tidak terlalu banyak, modifikasi simple seperti di bawah ini adalah pilihan yang tepat.

Seperti namanya, modifikasi simple biasanya dilakukan dengan mengubah warna, model velg. Yang jelas, bentuk dari motor bisa dibilang tidak berubah terlalu banyak.

Contohnya seperti dua modifikasi motor grand di bawah ini.

Modifikasi Motor Astrea Grand

Modifikasi Motor Astrea Grand

Modifikasi seperti ini cukup simple untuk dilakukan. Budget yang diperlukan tentu akan lebih murah dibandingkan budget modifikasi ke model lainnya.

Modifikasi Motor Grand 97


pencarian terkait
  • modifikasi astrea grand minimalis
  • modifikasi astrea grand terbaru
  • astrea grand modif standar
  • modifikasi astrea grand klasik
  • modifikasi motro astrea grand drag
  • modifikasi astrea grand klasik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar