Sabtu, 26 November 2016

Galeri Modifikasi Motor FIZ R 2017

Modifikasi motor Fiz R masih dilakukan sampai hari ini. Sejak pertama dikeluaran sampai produksinya telah distop pun, motor ini masih dikreasi sedemikian rupa, dimodifikasi ke dalam berbagai gaya yang keren.

Seperti apa modifikasi Yamaha Fiz R yang pernah dilakukan? Foto - foto di sini akan membantumu menemukan model modifikasi yang pas untuk rencana modifikasi yang akan Kamu lakukan.

Modifikasi Motor Fiz R

Modifikasi Motor Yamaha Fiz R


arena-motor.net | Yamaha Fiz R dengan ciri khasnya (punya tarikan yang kencang, suara cempreng, serta asap yang ngebul) masih sering disebut dalam percakapan seputar dunia otomotif.

Fiz R diciptakan seperti halnya RX King diciptakan. Kedua motor keluaran Yamaha Motor Company ini dibekali ciri khas yang mudah dikenali oleh siapapun tanpa harus melihatnya.

Knalpot bawaan Yamaha Fiz R mengeluarkan suara tinggi yang cenderung nyempreng dan berbeda dari motor lainnya pada jamannya.

Makanya, bukan hal yang mengherankan apabila motor ini sangat mudah dikenali hanya dengan mendengar suaranya saja.

Motor ini adalah salah satu seri dari Yamaha Force 1 yang merupakan generasi penerus Yamaha Alfa. Yamaha Force 1 generasi pertama dibekali mesin 2 tak berkapasitas 105cc dan dikeluarkan pertama kali pada 1992

Di tahun 2000, Yamaha FIZ R benar - benar menjadi primadona bagi masyarakat, khususnya laki - laki.

Dari anak muda hingga dewasa memandang motor ini sebagai motor keren dengan bentuk desain yang tergolong langka pada masa itu.

Pada saat masih lebih sering motor dengan rem tromol, Yamaha Fiz R sudah dilengkapi dengan rem cakram (disc brake).

Selain rem cakram, motor ini juga dibekali dengan velg racing yang membuat tampilannya semakin macho karena adanya rem cakram.

Salah satu sisi keren dari Yamaha Force 1 adalah sudah dibekali dengan sistem pendingin YPCS (Yamaha Performance Cooling System).

Yamaha Force 1 merupakan motor pertama keluaran Yamaha yang dijual di Indonesia yang sudah dilengkapi dengan sistem pendingin YPCS ini.

Sistem pendingin tersebut adalah sistem pendingin mesin yang prinsip kerjanya menggunakan kipas. Kipas akan mengarahkan udara dari luar ke mesin untuk pendinginan.

Dengan sistem pendingin ini, suhu mesin pun terjaga. Dengan demikian, maka mesin bisa terus bekerja secara optimal tanpa khawatir mengalami overheating.

Yamaha Fiz R merupakan generasi ketiga dari Yamaha Force 1. Sebelum Fiz R keluar, ada Yamaha Force 1 Z sebagai pendahulunya.

Fiz R dikeluarkan pada 1997 dan sudah dilengkapi dengan kopling manual yang masih semi otomatis. Kopling model ini, dulu sering disebut sebagai kopling banci.

Galeri Modifikasi Motor Yamaha Fiz R


Di bawah ini adalah contoh modifikasi Yamaha FIZ R yang inspiratif untuk ditiru. Mari kita bahas satu per satu.

1. Modifikasi Fiz R untuk Balapan Drag


Modifikasi Motor Fiz R

Arena-motor.net menemukan satu motor keren yang pas untuk mewakili pembahasan modifikasi Fiz R versi drag race.

Balapan mode drag race merupakan salah satu ajang adu kecepatan yang cukup sering diadakan di Indonesia. Drag race dilakukan di lintasan lurus sepanjang 50 - 70 meter.

Pemenang balapan ini adalah motor yang mampu menyentuh garis finish paling cepat. Kecepatan tersebut diukur dengan waktu tempuh.

Motor yang bisa menempuh lintasan dengan panjang X meter dalam waktu yang paling singkat adalah pemenangnya.

Oleh sebab itu, ketika kita membahas modifikasi drag race dari sebuah motor, maka sudah selayaknya lah pembahasan tersebut berkaitan dengan settingan mesin dan juga bobot rangka.

Karena drag race itu lombanya di lintasan jarak pendek, maka hal yang harus disoroti terkait performa mesin adalah kemampuan akselerasi dari mesin yang digunakan.

Top speed bukanlah hal yang penting dalam perlombaan seperti ini, mengingat jarak lintasannya yang sangat pendek. Kemampuan akselerasi jelas merupakan hal mutlak yang harus diupayakan supaya bisa memenangkan lomba.

Foto di atas adalah bentuk akhir dari modifikasi Yamaha FIZ R yang diturunkan dalam sebuah ajang balapan drag race.

Motor ini mampu menyentuh garis finish dalam waktu 8.2 detik saja. Yamaha FIZ R ini milik tim balap MCM Kebumen.

Sebelum memperoleh bentuk yang sekarang (seperti pada gambar di atas), motor ini sudah mengalami tiga kali pergantian rangka dalam tiga tahun terakhir.

Motor ini tidak menggunakan bensol untuk mendapatkan hasil 8.2 detik seperti yang disebutkan tadi, tetapi hanya menggunakan bensin.

Tentu hal ini merupakan sesuatu yang unik, karena pada saat ini, mayoritas motor drag race menggunakan bensol sebagai bahan bakar.

Seperti apa modifikasi yang dilakukan oleh tim MCM Kebumen untuk mendapatkan performa seperti yang ditunjukkan oleh motor Yamaha FIZ R ini? Simak pembahasan selengkapnya di "Modifikasi Yamaha FIZ R Drag Race ala MCM Kebumen".

2. Modifikasi FIZ R Minimalis


Modifikasi Motor Fiz R

Model modifikasi minimalis merupakan gaya modifikasi yang banyak peminatnya. Model modifikasi ini disukai oleh orang - orang yang pada dasarnya memang menyukai hal - hal yang simple.

Perubahan pada modifikasi seperti ini tidak banyak dan biayanya cenderung murah. Bisa jadi, ini juga menjadi salah satu alasan kenapa modifikasi minimali seperti ini banyak peminatnya.

Modifikasi yang dilakukan pada motor dalam gambar di atas lebih bermain ke warna. Pemilik motor ini membuat Yamaha FIZ R miliknya berwarna hitam di bagian bawah.

Knalpot FIZ R itu dari pabriknya tidak berwarna. Warnanya hanya warna material stainless steelnya saja. Tentu saja, knalpot motor FIZ R di atas dicat berwarna hitam.

Jika diperhatikan, bagian lain dari motor ini juga dibuat hitam, yaitu velgnya. Velg motor ini bisa jadi merupakan velg baru berwarna hitam, tetapi bisa jadi juga kalau velg tersebut dicat.

Terkait mana yang benar, yang terpenting adalah poin di mana si pemilik motor ingin membuat bagian bawah motor FIZ R ini tetlihat seragam.

Karena minimalis, maka jangan heran ya kalau bagian strapping dari motor ini dibiarkan standar atau alakadarnya saja. Tidak diubah.

Kalau Kamu ingin modifikasi dengan gaya sederhana seperti ini, Kamu bisa melakukannya dengan cara yang sama sederhananya seperti modifikasi di atas.

3. Modifikasi FIZ R Trail


Modifikasi Motor Fiz R


Bukan Yamaha Fiz R tentunya kalau tidak memiliki mesin handal yang kuat pada putaran rendah. Motor ini punya tarikan yang garang.

Cobalah menarik gasnya untuk mempercepat laju motor ini kalau Kamu ingin merasakannya. Dengan syarat, mesin motornya masih normal dan baik.

Tarikan di putaran rendah inilah yang membuat mesin Yamaha FIZ R sangat cocok untuk digunakan di medan off road.

Dengan kata lain, mesin motor Yamaha FIZ R sangat cocok untuk dijadikan sumber tenaga sebuah motor trail.

Mesin Yamaha FIZ R sudah banyak yang dipakai sebagai mesin motor trail custom. Contoh - contoh yang lebih lengkap tentang modifikasi motor Yamaha FIZ R Trail ini bisa Kamu lihat  di sini.

Kalau membahas motor yang ada pada gambar di atas, yang pertama wajib menjadi sorotan adalah rangka motor yang sudah di custom sedemikian rupa agar cocok untuk medan berat.

Dari sisi tampilan, modifikasi motor trail di atas tidak bisa diremehkan. Cat berwarna emas yang melapisi rangka, serta tangki dan box filter udara yang dicat merah, membuktikan bahwa si pemilik motor sangat memperhatikan keindahan dari motor ini.

Di luar tampilan, ada beberapa hal yang ditambahkan atau diubah supaya motor benar - benar bisa digunakan sebagai motor trail.

Medan yang dilalui motor trail yang tentu saja berbeda dari motor lainnya mewajibkan motor jenis ini menggunakan ban khusus. Motor ini pun demikian, harus menggunakan ban motor trail.

Velg jari - jari. Jika Kamu memodifikasi motor ke bentuk motor trail jangan lupa untuk menggunakan velg jari - jari. Bukan tanpa alasan motor trail dari pabrik menggunakan velg jenis ini.

Medan tempat motor trail akan digunakan rata - rata merupakan daerah dengan kontur tanah yang tidak stabil. Di beberapa lokasi, bahkan motor trail akan lebih sering berhadapan dengan jalan berbatu.

Velg bergigi akan memberikan level keamanan yang lebih baik dibanding velg racing. Oleh karena itu, motor cross dari pabrik pasti menggunakan velg jari - jari.

4. Modifikasi FIZ R Warna


Modifikasi Motor Fiz R

Modifikasi warna sebenarnya termasuk salah satu modifikasi simple atau minimalis. Modifikasi warna ini fokusnya hanya ke perpaduan warna motor secara keseluruhan.

Yamaha Fiz R pada gambar di atas memiliki tiga warna utama, yaitu  kuning, abu - abu dan hitam. Jika Kamu bingung atau belum memiliki ide terkait rencana modifikasi warna Fiz R yang akan Kamu lakukan, contoh modifikasi di atas bisa Kamu tiru dengan mudah.

Untuk mendapatkan hasil modifikasi seperti di atas, Kamu hanya perlu memikirkan di mana bengkel terbaik untuk mengecat motor di kotamu.

Urusan kombinasi warna, Kamu bisa mencontoh model modifikasi di atas, atau bisa juga menggunakan kombinasi warna lainnya sesuai keinginan.

Modifikasi Motor FIZ R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar