Kamis, 07 September 2017

Penyebab Motor Matic Bergetar Saat Tarikan Awal dan Solusinya

Penyebab Motor Matic Bergetar Saat Tarikan Awal dan Solusinya

firmansyahtirtawidjaja.net - Selamat malam om om sekalian. pada kesempatan malam hari ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang motor bergetar saat tarikan awal. Sedikit bosan dengan modifikasi-modifikasi yang saya tulis sebelumnya, kali ini pindah haluan dulu ke masalah service. Banyak diantara member grup bertanya tanya kenapa sih motornya selalu bergetar pada saat tarikan awal. Berawal dari pertanyaan tersebut saya mencari cari penyebab motor bergetar pada saat tarikan awal dan solusi untuk memperbaikinya.

Penyebab Motor Matic Bergetar Saat Tarikan Awal dan Solusinya
sumber gambar : https://www.facebook.com/muhammad.ryan2

Dirangkum dari beberapa referensi di internet yang menerangkan tentang penyebab motor bergetar saat tarikan awal ada beberapa masalah pada motornya. Saya akan kupas tuntas disini, jadi scrool terus kebawah ya sampai abis. hehe. 

Penyebab Motor Bergetar di Tarikan Awal

Update terbaru dari mekaniknya langsung yaitu Om Vikry Kastor bahwa penyebab motor bergetar cuma kampas ganda meleset ngga gigit ke mangkoknya sehingga mangkok ganda tidak medapat tekanan yg rata. Bisa juga gap antara kampas dan mangkok sudah jauh karena kampas sudah menipis atau mangkoknya sdh peang. Jadi intinya penyebab getar itu kampas ganda dan mangkoknya. Solusi nya rawat secara berkala bagian itu. Intinya bersihkan kampas ganda dan mangkok pasti getar hilang selama kedua barang tersebut masih normal.

Apa sih yang menyebabkan motor bergetar saat tarikan awal? Ada beberapa penyebab terjadinya kasus seperti itu dan salah satunya adalah kampas kopling pada motor matic kering. Sistem kopling pada motor matik berbeda dengan jenis motor lainnya yang menggunakan sistem kampas basah. Jadi kalau kopling basah ada pelumasan oli, kalau di matik tidak ada pelumasan oli koplingnya. (sumber :https://m.detik.com/oto/tips-and-trick-motor/3402363/motor-matik-bergetar-pada-tarikan-awal-ini-kemungkinan-sebabnya)

Jadi hanya kampas kopling saja yang menyebabkan motor bergetar saat tarikan awal? Tidak!!! Masih banyak penyebab lain. Berikut ini saya tulis beberapa penyebab motor bergetar saat tarikan awal :

Penyebab Getaran Pada Motor Matic

Berikut ini beberapa penyebab getaran pada motor matic saat tarikan awal.
  • Kerusakan Pada Pegas CVT
Pada bagian pegas CVT yang  kondisinya sudah melar dapat mengakibatkan getaran menjadi tidak normal serta dapat mengurangi tenaga yang dihasilkan. maka untuk mengatasinya adalah dengan mengganti pegas yang sudah melar dengan pegas yang baru.
  • Kerusakan Pada Driven Pulley
Getaran yang terbilang cukup tinggi ini juga bisa menjadi indikasi bahwa Driven Pulley sudah mengalamai keausan, maka cek terlebih dahulu, jika memang Driven Pulley sudah tidak layak pakai maka segera ganti.
  • Problem Oli Seal Pada Driven Pulley
Jika pada drive belt terkena oli, maka dapat disebabkan oleh seal pada driven pulley yang memang sudah bocor. Bocornya oli ini memang akan mengganggu sekali kinerja drive belt maka akan dapat menimbulkan getaran pada sepeda motor.
  • Kerusakan Bosc Pada Crank Case Atau Poros Engkol
Bila bosc tersebut sudah mengalami aus maka saat putaran poros engkol yang tidak stabil atau oblak) inilah yang menyebabkan getaran pada sepeda motor vario ketika berjalan.
  • Kesalahan Pada Saat Service Motor
Mungkin kesalahan ini jarang diketahui mekanik serta pemilik kendaraan bermotor tipe matic, kesalahannya pada saat motor di standar dua dan mengegas motor atau bahasa kerennya blayer gas. Pada saat ban berputar cepat tiba-tiba direm secara mendadak, memang kelihatannya sepele akan tetapi saat mengerem mendadak pully bagian belakang akan berhenti mendadak, dan efeknya pully belakang menjadi oleng. Jika hal itu terjadi pada saat berjalan otomatis sepeda motor matic akan bergetar.

Solusi Motor Bergetar Saat Tarikan Awal

Setelah anda mengetahui penyebab terjadinya motor bergetar saat tarikan awal maka bisa kita cari solusinya. dan solusi yang saya dapatkan untuk memperbaiki motor yang bergetar saat tarikan awal adalah sebagai berikut.

Berikut ini solusi untuk memperbaiki motor yang bergetar saat tarikan awal :
  1. Perhatikan pada bagian rumah CVT, pada bagian ini ada beberapa komponen seperti fan belt, weight set, clutch housing, CVT spring dan roller CVT. Pastikan dahulu semua komponen tersebut masih mampu bekerja dengan baik, akan tetapi penyebab yang biasa terjadi yaitu karena pada bagian kampas kopling ganda/ weight set serta mangkok/ clutch housing yang sudah tipis atau aus.
  2. Setelah mengetahui penyebabnya, akan terlihat weight set dan clutch housing tidak berbentuk sempurna, ini yang membuat terasa getaran pada saat tarikan awal. Agar motor matic anda ingin normal kembali segera bersihkan  weight set dan clutch housing tersebut. Apabila setelah dibersihkan tetap tidak ada normal disarankan segera ganti item tersebut di bengkel resmi terdekat.
Baca juga :


    Demikianlah bahasan tentang Penyebab Motor Matic Bergetar Saat Tarikan Awal dan Solusinya yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. mohon maaf masih banyak kekurangan dalam menyampaikan materinya. Jika berkenaan silahkan tuliskan komentar anda pada kolom komentar di bawah ini. Terimakasih sudah mau membaca sampai akhir tulisan. Sekian.

    2 komentar: