Jumat, 18 Agustus 2017

Perkiraan Biaya Modifikasi X-Ride Jadi Trail Sehemat Mungkin

Perkiraan Biaya Modifikasi X-Ride Jadi Trail Sehemat Mungkin

Modifikasi Yamaha Xride - Selamat siang sobat rider. Siang ini saya akan membahas biaya modifikasi xride jadi trail. Sebelumnya saya telah menulis postingan tentang bengkel modifikasi di jakarta bagi sobat yang kebingungan cari bengkel khusus xride bisa jadi rekomendasi tuh. Pada pembahasan biaya modidikasi xride jadi trail ini saya dapatkan dari temen saya yang sudah melakukan modifikasi motor xridenya jadi trail.

Sebelum saya memaparkan biaya modifikasi xride jadi trail. saya berikan contoh gambar modifikasi xride trail supaya lebih jelas lagi dalam membacanya.

biaya modifikasi xride trail

biaya modifikasi xride trail

biaya modifikasi xride trail

biaya modifikasi xride trail

Diatas itulah beberapa contoh modifikasi xride jadi trail. dan untuk masalah biaya kita bahas disini. Berikut ini ulasan saya tentang biaya modifikasi xride jadi trail.

Bukan rahasia lagi, bahwa yamaha x ride merupakan matic dual purpose pertama keluaran yamaha yg hadir di indonesia. Hal ini rupanya telah tertanam di mindset konsument x ride bahwa motor matic satu ini sangat bisa diandalkan di medan off road maupun on road. Banyak para pemilik x ride merubah tunggangannya menjadi matic cross. Vw salah satu nya yang kepincut memodifikasi x ride menjadi matic cross.

Untuk modifikasi seperti ini ada dua opsi penggunaan shock depan, yaitu mengganti as shock depan menggunakan as shock supra maupun tetap menggunakan shock standar/ori. Namun ada kelebihan dan kekurangan masing-masig. Untuk menggunakan shock standar, saat menggunakan ban cross 17” untuk depan, kelemahannya  harus membuka insang/sirip yang letaknya di belakang roda depan, bro semua pasti hapal bagian ini :D. 

Kelebihannya irit biaya modifikasi. Nah untuk yang telah ganti as shock depan menggunakan as supra, sirip/ingsang masih bisa di gunakan, karena as lebih tinggi, jadi roda tidak mentok sirip. Kelemahannya.. ya mesti keluar dana lebih untuk modifikasi shock depan, estimasi tambah 200rb pake as shock supra KW dan jasa pasang. Nah bagaimana dengan standar tengah dan standar samping, apakah masih bisa di pakai normal..? untuk yang menggunakan shock depan ori semua masih bisa di gunakan dengan normal, namun untuk yang telah menggunakan as shock supra, standar tengah agak menggantung, dan jika di standar samping terlalu miring. 

Nah untuk standar samping bisa menggunakan standar samping punya KLX. spakbor depan wajib ganti, bisa memakai spakbor trail, jika tidak mau di ganti harus papasa spakbor ujung depan dan ujung belakang, agar tidak mentok ban. vw sendiri memakai spakbor mio sporty (smile) seharga 30rb. (kw) di papas bagian bawah dan bagian belakang.

Nah… bagi yang kepingin x ride nya di modif ala cross. Kira-kira berapa biaya nya. Berikut vw rangkum versi hemat dan versi non hematnya. Untuk velg ukuran 14 & 17 karena ini yang sering menjadi pilihan karena di nilai paling pass. Karena handling jadi lebih mantap. Ok kita bahas apa saja yang mesti di beli.

1. Velg

  • A. Menggunakan velg second

Kita bisa menggunakan velg second dari mio jari-jari, yang biasanya 1.60-14 untuk belakang, dan depan bisa menggunakan velg bebek all yamaha ukuran 1.40-17. Kisaran harga satu set tersebut sekitar 150-350 tergantung kondisi barang dan kebaikan si penjual. Vw sendiri pernah dapat satu set velg mio jari dengan harga 120rb.
  • B.  Velg baru

Jika mau yang baru bisa memakai velg champ, rossi, did atau malah pakai TK. Bisa di sesuaikan budget masing-masing. Vw sendiri memakai velg champ. Walaupun murah masih bisa diandalkan untuk sekelas velg alumunium. Untuk harga velg champ yang vw pakai untuk belakang 2.50-14 kisaran 200-225rb dan depan 1.85-17 160-180rb. Tapi biasanya depan menggunakan 1.40-17 lebih ramping harga kisaran 120-140rb.

Tromol depan ori bisa pakai mio maupun bebek all yamaha 115rb. Tromol belakang ori 210rb. Jari TDR 90rb sepasang. Klaher depan sepasang 40rb boss as depan 30rb. Jasa pasang velg sepasang 60rb. Lebih murah beli second kemana-mana kan.?

2. Ban

Ban tergantung mau menggunakan ban apa. Ban semi atau cross. Untuk ban semi trail untuk ukuran 80/90-14 kisaran 140rb, 90/90-14 kisaran 150rb dan untuk 100/80-14 sekitar 170rb. Dan untuk ban depan ukuran 2.50-17 kisaran 130rb.. dan 2.75-17 kisaran 150rb. Semua merk swalow.. biasanya merk aspira lebih murah. Dan belum termasuk ban dalam.

  • Untuk ban tahu / cross.

Harga ban cross untuk ukuran 14″ boleh di bilang lebih mahal dari ukuran 17″. Untuk swallow x cross pro untuk belakang ukuran 80/100-14 kisaran 285-300rb, ukuran 90/100-14 kisaran 310-335rb. Belum termasuk ban dalam… dan untuk ban depan x cross pro 2.50-17 kisaran 140rb, 2.75-17 kisaran 160rb. Lebih murah ban depan kan..?  ðŸ˜€ untuk merk aspira lebih murah. Ukuran 2.50-17 kisaran 115rb dan ukuran 2.75-17 135rb. Harga diatas tergantung toko ya bro, dan sebisa kita nawar nya. Harga tersebut update  dua bulan kemarin saat vw hunting ban untuk kawan yang x ride nya mau di buat cross. tinggal di jumlahkan sedir, semua tergantung pilihan mau pakai second atau baru.

Demikianlah bahasan saya mengenai biaya modifikasi xride jadi trail. silahkan kasih tambahan di kolom komentar jika ada yang mau ditambahkan untuk biaya modifikasi xride jadi trail ini. nanti akan saya update lagi postingannya. Sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar